Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Vol. 3 No. 2 (2017): Desember 2017

Peningkatan Kemampuan Kognitif dan Afektif Siswa Pada Materi Substansi Genetik Menggunakan Model Picture and Picture dan Media Audiovisual Serta Papan Tempel di Kelas XII SMA Negeri 11 Muaro Jambi

Mia Aina (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan afektif siswa pada materi substansi genetik dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture, media papan tempel dan media audiovisual. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan sebanyak tiga siklus. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada kelas XII SMA N 11 Muaro Jambi dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture, media papan tempel dan video pada materi substansi genetik dapat meningkatkan kognitif dan afektif siswa dalam pembelajaran. Hal ini terlihat pada kelulusan klasikal kognitif siswa setiap siklusnya secara berturut-turut yaitu 17.3%, 39.1%, dan 43.4%. sedangkan untuk afektif yaitu 0%, 21.7%, dan 43.4%. Dari setiap perlakuan yang dihasilkan pada setiap siklusnya, dapat dikatakan bahwa penerapan model picture and picture, media papan tempel dan video cocok digunakan untuk mengajarkan materi substansi genetik di kelas XII IPA SMA N 11 Muaro Jambi, hal ini dapat terlihat dari terjadinya peningkatan baik ranah kognitif ataupun ranah afektif dari setiap siklusnya, sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan model picture and picture, media papan tempel dan video dapat meningkatkan kognitif dan afektif siswa pada materi substansi genetik di kelas XII SMA N 11 Muaro Jambi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

biodik

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Decision Sciences, Operations Research & Management Education Environmental Science Social Sciences

Description

Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi receiving and publishing article in the form of research (scientific article) in the field of biology education and utilization of biological research in learning. Moreover, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ...