Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (JHP2M)
Vol. 3 No. 1 (2024): Volume 03 Nomor 01 (April 2024)

Meningkatkan Kemampuan Guru Meneliti dengan Mengembangkan Model Pembelajaran Berbasis Penelitian Tindakan Kelas

Alimuddin Alimuddin (Universitas Negeri Makassar)
Usman Mulbar (Universitas Negeri Makassar)
Ilham Minggi (Universitas Negeri Makassar)
Ahmad Zaki (Unknown)
Sutamrin Sutamrin (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Program PKM dilakukan dengan metode memberikan pelatihan, bimbingan, dan pendampingan kepada peserta mengenai pelatihan pengembangan model pembelajaran berbasis penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara luring. Tujuan pelaksanaan PKM yaitu (1) untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan peserta mengenai pengembangan model pembelajaran, (2) untuk meningkatkan pengetahuan mengenai penelitian tindakan kelas, (3) untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan peserta mengintergrasikan model pembelajaran berbasis penelitian tindakan kelas, dan (4) peserta dapat mengimplementasikan pelaksanaan model pembelajaran berbasis penelitian tindakan kelas dalam proses pembelajaran. Kegiatan PKM dilaksanakan pada SD Negeri 2 Malino Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan kemudian dilanjutkan dengan pembimbingan dan pendampingan kepada peserta secara daring. Peserta kegiatan PKM adalah guru-guru Sekolah Dasar di Malino Kecamatan Tinggi Moncong. Materi yang disajikan dalam kegiatan PKM yaitu (1) teori & konsep: penelitian tindakan kelas, (2) pengembangan model pembelajaran berbasis penelitian tindakan kelas, dan (3) implementasi model pembelajaran berbasis penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran di sekolah. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan program PKM yaitu (1) meningkatnya kompetensi dan pengetahuan peserta mengenai pengembangan model pembelajaran, (2) meningkatnya pengetahuan mengenai penelitian tindakan kelas, (3) meningkatnya kemampuan dan keterampilan peserta mengintergrasikan pembelajaran berbasis penelitian tindakan, dan (4) peserta dapat mengimplementasikan pelaksanaan model pembelajaran berbasis penelitian tindakan kelas dalam proses pembelajaran. Luaran kegiatan PKM yaitu (1) laporan hasil pelaksanaan PKM, (2) artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam prosiding ber-ISBN dari seminar nasional, (3) artikel pada media massa cetak/elektronik, (4) video yang kegiatan yang dipublikasikan secara luas pada media online youtube, dan (5) adanya peningkatan keberdayaan mitra sesuai permasalahan yang dihadapi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JHP2M

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Education for ...