Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 6 No. 2 (2023): Pendidikan Dasar Anak

Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Psikomotorik Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih

Rianda, Karmila (Unknown)
Sayekti, Siskha Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2023

Abstract

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode berbasis proyek digunakan oleh penulis sebagai model pembelajaran yang kooperatif dan dapat disesuaikan dengan kemampuan siswa, dengan tujuan memfasilitasi proses berpikir yang bebas dan kreatif. Melalui partisipasi siswa, penelitian ini bertujuan untuk membantu mereka memahami realitas kehidupan dari tingkat konkret hingga abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penerapan pembelajaran berbasis proyek dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai strategi yang efektif dapat meningkatkan keterampilan psikomotorik siswa pada setiap mata pelajaran Fiqih di Yayasan Mawthinu Aasyiqil Qur’an. Penelitian dilakukan dalam bentuk siklus PTK yang melibatkan siswa sebagai partisipan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Dalam pendekatan pembelajaran berbasis proyek, fokus diberikan pada penerapan konsep-konsep Fiqih melalui proyek nyata. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan psikomotorik siswa setelah melalui beberapa siklus PTK. Dalam siklus 1 pertemuan ke-1 dan siklus 1 pertemuan ke-2 mengalami keningkatan keterampilan psikomotorik sebanyak 30%, dan pada siklus 2 pertemuan ke 2 mengalamu kenaikan keterampilan psikomotorik sebanyak 90%. Maka dapat disimpulkan pembelajaran berbasis proyek ini berhasil dan dapat terlihat pada kenaikan siklus 1 dan siklus 2 mengalami kenaikan keterampilan psikomotorik siswa sebanyak 25%. Temuan ini memberikan bukti bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis proyek pada metode PTK sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan psikomotorik siswa pada mata pelajaran Fiqih di Yayasan Mawthinu Aasyiqil Qur’an, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan pembelajaran yang lebih interaktif dan partisipatif di masa depan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

attadrib

Publisher

Subject

Religion Humanities Other

Description

Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah is published by the Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, STAI Daruttaqwa Manyar Gresik in collaboration with Indonesian Islamic Elementary Education Lecturers Association (Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia). Publishing twice a year, ...