Jurnal Pendidikan & Pengajaran
Vol. 2 No. 1 (2024): Januari 2024

Transformational Journey: Islamic Education in the Perspective of Imam Al-Ghazali

Mala, Asnal (Unknown)
Alfiyah, Hanik Yuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Pemikiran Imam Al-Ghazali tentang pendidikan Islam mengedepankan nilai-nilai agama, menjadikan pendidikan sebagai sarana penting dalam mentransformasikan prinsip-prinsip keagamaan. Konsepnya yang lebih cenderung empiris menekankan peran besar pendidikan dalam membentuk individu. Pendekatan yang digunakan dalam artikel ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka (Library Reseach) dengan analisis mendalam terhadap tahap-tahap perubahan dan evolusi, menggunakan pendekatan yang berfokus pada dokumentasi historis dan penelusuran literatur. Hasil penelitian ini memberikan gambaran yang jelas tentang implikasi dan konsekuensi dari evolusi tentang perjalanan transformasi yang relevan dengan kerangka waktu dan ruang tertentu, menggambarkan secara rinci perubahan yang terjadi serta dampaknya pada aspek yang diteliti. Pemikiran pendidikan yang diusung Al-Ghazali memiliki relevansi yang signifikan, terutama dalam konteks pendidikan agama Islam di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JUPE2

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan & Pengajaran (JUPE2) publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood, primary, and secondary education Language Education Mathematics and science education Guidance and counseling education ...