Academic Journal Research
Vol. 1 No. 1 (2023): Academic Journal Research

INCREASING LEARNING ACTIVENESS AND STUDENT LEARNING OUTCOMES USING PROBLEM-BASED LEARNING MODELS: PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Kusuma, Irawati (Unknown)
Wahyuni, Elinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar peserta didik menggunakan model problem based learning. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, planning, action, observation dan reflection. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV UPTD SDN 2 Rajabasa Baru yang terdiri dari 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keaktifan peserta didik dinilai berdasarkan partisipasi dalam diskusi, kemampuan berpikir kritis, dan kerjasama dalam kelompok. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap prasiklus persentase keaktifan sebesar 46,15%, siklus I sebesar 73,08% dan pada siklus II sebesar 88,46%. Hasil belajar diukur menggunakan tes tertulis. Pada tahap prasiklus persentase hasil belajar sebesar 42,30%, siklus I sebesar 65,38% dan siklus II sebesar 84,62%. Hasil tersebut menunjukkan tercapainya indikator keberhasilan dengan kategori sangat baik. Simpulannya yaitu penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPAS peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

acjoure

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Computer Science & IT Engineering Social Sciences Other

Description

Academic Journal Research is published by Antis Publisher published 2 (two) issues per year (June and December). This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. This ...