Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 1 No. 6 (2024): BESIRU : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Juni 2024

PERAN PERILAKU KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN: STUDI KASUS DI DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA

Miftakhul Ulum (Universitas Islam Raden Rahmat)
Fira Setiawati (Universitas Islam Raden Rahmat)
I’mallurosseh I’mallurosseh (Universitas Islam Raden Rahmat)
Tanti Widia Nurdiani (Universitas Islam Raden Rahmat)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2024

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk menggali dampak kepemimpinan terhadap kepuasan kerja karyawan, khususnya di DPMD Kabupaten Malang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan melibatkan observasi langsung dan diskusi dengan karyawan DPMD sebagai metode utama pengumpulan data. Fokusnya adalah untuk memahami hubungan antara kinerja karyawan dan peran pemimpin dalam konteks DPMD. Temuan penelitian menunjukkan bahwa peran pemimpin dalam meningkatkan kepuasan kerja di DPMD Kabupaten Malang dinilai positif. Kepala dinas mampu memberikan arahan dan tanggung jawab yang sesuai dengan tugas dan kapasitas karyawan, sementara karyawan merasakan perhatian dan kemudahan dalam proses perizinan. Pengabdian ini berpotensi menjadi titik awal dalam memperkuat peran kepemimpinan di DPMD serta meningkatkan kepuasan kerja karyawan secara keseluruhan. Langkah-langkah selanjutnya dapat difokuskan pada penerapan strategi yang lebih efektif untuk memperkuat hubungan antara pemimpin dan anggota tim guna mencapai tujuan organisasional yang lebih baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

BESIRU

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

BESIRU : Jurnal Pengabdian Masyarakat is an academic journal organized and operated by LPP Manggala Institute which aims to publish conceptual thoughts or ideas and research findings that have been achieved in the field of community development and application of science and technology, including ...