Proses mengelola kegiatan surat menyurat merupakan hal yang tidak mudah karena masih dilakukan secara manual. Hal tersebut dikarenakan sering munculnya masalah human error yang tinggi, yang mengakibatkan rendahnya tingkat efisiensi dan efektivitas pengelolaan surat menyurat. Kendala yang sering terjadi mengakibatkan lamanya waktu proses dikeranakan harus menunggu tanggapan dari pihak yang terkait dalam isi surat disposisi. Belum lagi seringnya terdapat kasus surat disposisi yang hilang dikarenakan masalah human error. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sistem informasi diposisi surat di Universitas Nasional Karangturi yang memudahkan administrasi dalam proses surat menyurat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Unified Modelling Language (UML) dimana terdapat beberapa tahap yang dapat digunakan untuk membangun sistem informasi disposisi surat. Berdasarkan hasil penelitian, perancangan sistem informasi surat menyurat dapat melakukan proses penginputan data surat dan disposisi surat secara online dan real time.
Copyrights © 2022