Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 4, No 2 (2015)

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL PADA SISWA SMP DI KOTA SINGARAJA

Parwati, N.N. (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2015

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan (1) prototipe model pembelajaran pemecahan masalah berorientasi kearifan lokal; (2) buku pegangan siswa; (3) lembar kerja siswa (LKS); (4) RPP; dan (5) buku petunjuk guru. Penelitian ini direncanakan berlangsung selama tiga tahun, dengan mengadaptasi model 4 D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Pada tahun ini, pelaksanaan tahap define dan design untuk melakukan analisis kebutuhan dan penyusunan prototipe model dan perangkat pembelajaran. Hal ini dilakukan dengan (a) studi lapangan dan studi pustaka, (b) kerja tim untuk merancang prototipe model dan perangkat pembelajarannya, (c) validasi ahli dan panel group discussion untuk melakukan pengkajian kesesuaian prototipe tadi dengan karakteristik siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan prototipe model dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkualifikasi ‘valid’.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia [p-ISSN: 2303-288X (print) and e-ISSN: 2541-7207 (online)] is a peer-reviewed journal published by the Research and Community Service Institute of Universitas Pendidikan Ganesha since 2012. JPI is an integrated media for ongoing communication related to significant new ...