Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 4, No 2 (2015)

PENGARUH PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN KARAKTER BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL KE DALAM MATERI AJAR MATA KULIAH ILMU LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN SOFT SKILL MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FMIPA UNDIKSHA

Wijana, Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengintegrasian pendidikan karakter berorientasi kearifan lokal ke dalam materi ajar mata kuliah Ilmu Lingkungan untuk meningkatkan soft skill mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Undiksha. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan randomized pre-test and post-test control group design. Populasi target pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang ada di Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Undiksha, sedangkan populasi terjangkaunya adalah mahasiswa semester I yang mengikuti mata kuliah Ilmu Lingkungan. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa semester I yang terdiri atas tiga kelas. Dengan menggunakan teknik random sampling, diambil dua kelas yang digunakan sebagai sampel penelitian. Dari dua kelas tersebut selanjutnya dirandom lagi untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dianalisis secara statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pengintegrasian pendidikan karakter berorientasi kearifan lokal ke dalam materi ajar mata kuliah Ilmu Lingkungan dapat meningkatkan soft skill mahasiswa di mana hasil penilaian setelah proses pembelajaran pada kelompok kontrol sebesar (13.03) dan pada kelompok eksperimen sebesar (23,62). Setelah diuji menggunakan independent t-test, nilai soft skill setelah pembelajaran menunjukkan perbedaan yang bermakna dengan nilai p<0,05. Simpulan yang dapat disampaikan adalah bahwa pengintegrasian pendidikan karakter berorientasi kearifan lokal ke dalam materi ajar mata kuliah Ilmu Lingkungan dapat berpengaruh peningkatan soft skill mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Undiksha.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia [p-ISSN: 2303-288X (print) and e-ISSN: 2541-7207 (online)] is a peer-reviewed journal published by the Research and Community Service Institute of Universitas Pendidikan Ganesha since 2012. JPI is an integrated media for ongoing communication related to significant new ...