Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 4, No 2 (2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH TEORI DAN PRAKTEK RENANG II

Suwiwa, I Gede (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar  mata kuliah teori dan praktek renang II. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus dengan subjek penelitiannya mahasiswa semester II Jurusan Pendidikan Jasmani, kesehatan dan Rekreasi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan aktivitas belajar dan hasil belajar renang gaya dada dan kupu-kupu. Dari analisis data, secara klasikal pada siklus I  dan siklus II skor rata-rata  aktivitas belajar  renang II mahasiswa tergolong aktif dengan perolehan skor 12,91 pada rentang   12,25  ≤    < 15,75 kategori aktif. Sedangkan ketuntasan hasil belajar secara klasikal adalah 100 % Berdasarkan data siklus I dan siklus II, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata kuliah teori dan praktek renang II. Disarankan kepada dosen penjasorkes, agar menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam proses pembelajaran, karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia [p-ISSN: 2303-288X (print) and e-ISSN: 2541-7207 (online)] is a peer-reviewed journal published by the Research and Community Service Institute of Universitas Pendidikan Ganesha since 2012. JPI is an integrated media for ongoing communication related to significant new ...