Puskesmas merupakan suatu penyedia jasa atau pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Dengan melihat semakin tingginya tuntutan lingkungan terhadap kualitas pelayanan, diperlukan usaha peningkatan kinerja pelayanan dengan membandingkan antara layanan yang diharapkan dengan layanan yang dirasakan oleh masyarakat. Peneltian ini menggunakan desain yang bersifat cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah petugas pelayanan kesehatan Puskesmas Kota Tomohon sebanyak 299 orang. Sampel penelitian menggunakan teknik pengambilan sampel secara Random Sampling dengan perhitungan Rumus SlovinĀ  dan jumlah sampel yang di dapatkan sebesar 171 responden. Analisis data dalam penelitian menggunakan analisis univariat, bivariat dan multivariat. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan kedisiplinan petugas puskesmas dengan kinerja pelayanan di Puskesmas Kota Tomohon dengan nilai p=0.000 (<0.05), hubungan kualitas pelayanan dengan kinerja pelayanan di Puskesmas Kota Tomohon dengan nilai p=0.000 (<0.05), terdapat hubungan kompetensi dengan kinerja pelayanan di Puskesmas Kota Tomohon dengan nilai p=0.000 (<0.05), terdapat hubungan kelengkapan fasilitas dengan kinerja pelayanan di Puskesmas Kota Tomohon dengan nilai p=0.000 (<0.05) dan kualitas pelayanan merupakan variabel yang paling berperan dengan kinerja pelayanan di Puskesmas Kota Tomohon dengan nilai PR=15.883.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024