Musik adalah suatu seni, musik tidak hanya digunakan dalam kehidupan hiburan, namun musik juga dapat digunakan untuk pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk meneliti penggunaan musik dalam perkembangan kognitif, emosi dan motor kasar murid tuna grahita. Alat penelitian yang digunakan adalah temu bual, pemerhati turut serta dan dokumen. Peserta penelitian terdiri dari dua orang guru Program Pendidikan Khas (Pendidikan Luar Biasa) Masalah Pembelajaran di Sekolah A dan Sekolah B serta seorang guru arus perdana di Sekolah C. Adapun hasil penelitian, musik dapat mengembangkan kognitif murid tuna grahita karena musik dapat membuat murid mudah untuk ingat kemahiran yang diberikan oleh guru. Penelitian juga mendapati musik dapat mengembangkan emosi murid tuna grahita karena musik dapat membuat murid termotivasi untuk belajar. Penelitian juga mendapati musik dapat mengembangkan motor kasar murid tuna grahita karena dengan musik murid menjadi lebih bebas untuk bergerak. Adapun rekomendasi penelitian ini adalah penggunaan terapi musik untuk murid tuna grahita. Kata Kunci : Musik, kognitif, emosi, motor kasar dan tuna grahita
Copyrights © 2016