Jurnal Suloh
Vol 1, No 1 (2016): SULOH Desember 2016

PENGGUNAAN MUSIK DALAM PERKEMBANGAN KOGNITIF, EMOSI DAN MOTOR KASAR MURID BERMASALAH PEMBELAJARAN (TUNA GRAHITA)

Khairiah Asfaruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2019

Abstract

Musik adalah suatu seni, musik tidak hanya digunakan dalam kehidupan hiburan, namun musik juga dapat digunakan untuk pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk meneliti penggunaan musik dalam perkembangan kognitif, emosi dan motor kasar murid tuna grahita. Alat penelitian yang digunakan adalah temu bual, pemerhati turut serta dan dokumen. Peserta penelitian terdiri dari dua orang guru Program Pendidikan Khas (Pendidikan Luar Biasa) Masalah Pembelajaran di Sekolah A dan Sekolah B serta seorang guru arus perdana di Sekolah C. Adapun hasil penelitian, musik dapat mengembangkan kognitif murid tuna grahita karena musik dapat membuat murid mudah untuk ingat kemahiran yang diberikan oleh guru. Penelitian juga mendapati musik dapat mengembangkan emosi murid tuna grahita karena musik dapat membuat murid termotivasi untuk belajar. Penelitian juga mendapati musik dapat mengembangkan motor kasar murid tuna grahita karena dengan musik murid menjadi lebih bebas untuk bergerak. Adapun rekomendasi penelitian ini adalah penggunaan terapi musik untuk murid tuna grahita. Kata Kunci : Musik, kognitif, emosi, motor kasar dan tuna grahita

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

suloh

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences Other

Description

Jurnal Suloh is an open access journal by the Department of Guidance and Counseling, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia. The journal presents research and development in the field of Guidance and Counselling In School and Outside School, ...