Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 12, No 2 (2024)

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP

Ningsih, Nidia Fauziah (Unknown)
Sahidin, Latief (Unknown)
Kadir, Kadir (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi dampak dari Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) yang menggunakan GeoGebra terhadap kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pasir Putih dalam merepresentasikan konsep matematik. Siswa kelas VII.2 dan VII3 SMP Negeri 1 Pasir Putih pada tahun ajaran 2022/2023 menjadi populasi penelitian. Hasil analisis data menunjukkan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Model PBL yang menggunakan GeoGebra menunjukkan tingkat kemampuan yang lebih tinggi dalam merepresentasikan konsep matematika, khususnya dalam konteks garis dan sudut, dengan nilai rata-rata mencapai 77,339, sedangkan siswa yang mengikuti Model PBL saja memiliki rata-rata kemampuan sebesar 69,861. Penelitian menunjukkan penggunaan Model PBL yang menggunakan GeoGebra di SMP Negeri 1 Pasir Putih secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika. Penggunaan Model PBL yang menggunakan  GeoGebra dapat dianggap sebagai pilihan alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di tingkat SMP, terutama dalam konteks materi seperti garis dan sudut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...