Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi dampak dari Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) yang menggunakan GeoGebra terhadap kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pasir Putih dalam merepresentasikan konsep matematik. Siswa kelas VII.2 dan VII3 SMP Negeri 1 Pasir Putih pada tahun ajaran 2022/2023 menjadi populasi penelitian. Hasil analisis data menunjukkan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Model PBL yang menggunakan GeoGebra menunjukkan tingkat kemampuan yang lebih tinggi dalam merepresentasikan konsep matematika, khususnya dalam konteks garis dan sudut, dengan nilai rata-rata mencapai 77,339, sedangkan siswa yang mengikuti Model PBL saja memiliki rata-rata kemampuan sebesar 69,861. Penelitian menunjukkan penggunaan Model PBL yang menggunakan GeoGebra di SMP Negeri 1 Pasir Putih secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika. Penggunaan Model PBL yang menggunakan GeoGebra dapat dianggap sebagai pilihan alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di tingkat SMP, terutama dalam konteks materi seperti garis dan sudut.
Copyrights © 2024