Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Amonggedo pada materi bangun ruang sisi datar. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diperoleh: (1) Aktivitas guru dalam proses pembelajaran dengan model Snowball Throwing pada kelas eksperimen tergolong baik dengan persentase rata-ratanya 94%. Aktivitas belajar siswa yang diajar dengan modelĀ Snowball Throwing tergolong baik dengan persentase rata-ratanya 85,24%. Aktivitas guru dalam proses pembelajaran dengan pembelajaran langsung pada kelas kontrol tergolong baik dengan persentase rata-ratanya 93,75%. Keterlaksanaan aktivitas belajar siswa selama 4 pertemuan tergolong baik dengan rata-rata persentase keterlaksanaannya 77,34%. (2) Hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Snowball Throwing memperoleh rata-rata 75,23, standar deviasi 13,01. (3) Hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran langsung memperoleh rata-rata 65,50, standar deviasi 12,69. (4) Model pembelajaran Snowball Throwing mempunyai pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa.
Copyrights © 2024