Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 12, No 2 (2024)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP

Alhabir, Azizah (Unknown)
Arvyati, Arvyati (Unknown)
Zamsir, Zamsir (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Amonggedo pada materi bangun ruang sisi datar. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diperoleh: (1) Aktivitas guru dalam proses pembelajaran dengan model Snowball Throwing pada kelas eksperimen tergolong baik dengan persentase rata-ratanya 94%. Aktivitas belajar siswa yang diajar dengan modelĀ  Snowball Throwing tergolong baik dengan persentase rata-ratanya 85,24%. Aktivitas guru dalam proses pembelajaran dengan pembelajaran langsung pada kelas kontrol tergolong baik dengan persentase rata-ratanya 93,75%. Keterlaksanaan aktivitas belajar siswa selama 4 pertemuan tergolong baik dengan rata-rata persentase keterlaksanaannya 77,34%. (2) Hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Snowball Throwing memperoleh rata-rata 75,23, standar deviasi 13,01. (3) Hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran langsung memperoleh rata-rata 65,50, standar deviasi 12,69. (4) Model pembelajaran Snowball Throwing mempunyai pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...