Jurnal Bhakti Karya dan Inovatif
Vol 4 No 2 (2024): Jurnal Bhakti Karya dan Inovatif

Pemberdayaan Siswa melalui Pendidikan Kewirausahaan dan Penggunaan Google Analytics di SMAN 16 Kota Bandung

Budiman Budiman (Unknown)
Acep Hendra (Unknown)
Dirham Triyadi (Unknown)
Yoga Rizki Rahmawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Kegiatan pengembangan diri di SMAN 16 Bandung dan inovasi kurikulum double track memiliki dampak signifikan dalam konteks pendidikan dan persiapan siswa. Survei angket 2022/2023 menunjukkan 28% siswa kelas XII tidak berencana melanjutkan ke perguruan tinggi, mendorong sekolah untuk memperkenalkan kurikulum double track. Program ini menyediakan keterampilan kewirausahaan bagi siswa yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi, bekerja sama dengan UNIBI untuk memberikan pelatihan kewirausahaan. Kegiatan pengembangan diri juga mempersiapkan siswa untuk menjadi anggota produktif dalam masyarakat dengan program yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja. Dalam bisnis rintisan, strategi pemasaran digital melalui Google Analytics membantu meningkatkan kesadaran merek dan menjangkau target pasar lebih efektif. Analisis data digital memberikan wawasan tentang perilaku konsumen dan efektivitas kampanye pemasaran, memungkinkan penyesuaian strategi pemasaran. Dengan pendekatan holistik ini, SMAN 16 Bandung tidak hanya menyediakan pendidikan formal tetapi juga membentuk karakter dan kesiapan siswa untuk menghadapi tantangan dunia nyata, memastikan manfaat berkelanjutan bagi siswa dan masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

BhaktiKaryadanInovatif

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Bhakti Karya dan Inovasi mencakup artikel pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu ekonomi manajemen dan akuntansi, sosial humaniora, sistem informasi, informatika, desain komunikasi visual, karya seni, dan ...