Journal of Psychology Students
Vol 3, No 1 (2024): JoPS: Journal of Psychology Students

Pengaruh Religiusitas terhadap Resiliensi pada Mahasiswa Gap Year

Nur Azizah Kumala Dewi (Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati)
Munatul Fuadah (Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati)
Saanei An Nasywa Disastra (Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati)
Zahra Aulia Ramadhani (Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati)
Zyanne Tria Nalita (Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas terhadap resiliensi pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang pernah mengalami gap year. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif yang menggunakan metode analisis regresi dan terdiri dari dua variabel yaitu religiusitas dan resiliensi. Subjek penelitian adalah 102 mahasiswa mahasiswa dan mahasiswi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dengan usia 17 tahun sampai 25 tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket atau kuisioner di mana peneliti menyebarkan kuisioner tersebut secara online melalui formulir Google. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas Kolmogorov Smirnov dan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil uji Determinasi Model Summary yang telah dilakukan, didapatkan nilai R square sebesar 0.31 (31%). Hal ini menunjukkan bahwa variabel independen (religiusitas) berpengaruh sebanyak 31% terhadap variabel dependen (resiliensi).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jops

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Journal of Psychology Students is an open access and peer-reviewed journal for psychology students. JoPS currently managed by highly motivated students of the Faculty of Psychology UIN Sunan Gunung Djati Bandung. JoPS is published twice a year on May and November. This journal welcomes any research ...