Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti dampak digital marketing terhadap keputusan pemilihan perguruan tinggi oleh mahasiswa, dengan mediator kesadaran merek. Penelitian ini difokuskan pada mahasiswa aktif di Universitas Logistik dan Bisnis Internasional, menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pengembangan dan pengujian empat hipotesis. Analisis dilakukan melalui pemodelan persamaan struktural dengan bantuan aplikasi SEM-AMOS. Populasi penelitian melibatkan mahasiswa aktif pada tahun ajaran 2022/2023 dan 2023/2024, dengan sampel sebanyak 400 dan yang berhasil terkumpul dan diolah sebanyak 110 siswa. Temuan empiris menunjukkan bahwa aspek-aspek digital marketing, terutama media sosial dan website, memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pemilihan mahasiswa di Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Hasil uji variabel kesadaran merek juga menunjukkan dampak positif yang signifikan dalam memediasi pengaruh pemasaran digital, terutama melalui media sosial, pada keputusan pemilihan mahasiswa. Namun, pada dimensi website, kesadaran merek tidak signifikan memediasi keputusan pemilihan. Implikasi dari hasil ini menyarankan bahwa Universitas Logistik dan Bisnis Internasional perlu meningkatkan strategi pemasaran digital, khususnya dalam pengelolaan website, guna lebih efektif mempengaruhi mahasiswa dalam menentukan pilihan mereka. Diharapkan bahwa perbaikan ini akan lebih membentuk kesadaran merek di kalangan mahasiswa dan calon mahasiswa di Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.
Copyrights © 2024