Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 8 No 1 (2024): Edisi Januari - April 2024

PERAN SOCIAL MEDIA INFLUENCER, PENGETAHUAN INVESTASI, RETURN INVESTASI DAN UANG SAKU TERHADAP MINAT INVESTASI PADA GENERASI Z DI KABUPATEN SIDOARJO

Faizal Fajar Firmansyah (Unknown)
Sriyono Sriyono (Unknown)
Detak Prapanca (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2024

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah social media influencer, pengetahuan investasi, return investasi, dan uang saku berpengaruh terhadap minat investasi pada generasi Z di Kab Sidoarjo, metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling dengan kriteria tertentu yang telah dipenuhi. Populasi penelitian ini yakni generasi Z yang berdomisili di Kabupaten Sidoarjo dan sampel yang digunakan berjumlah 100 orang yang mewakili populasi dengan kriteria terpenuhi. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuisioner secara online. Teknik analisis data meliputi pengujian asumsi standar dan analisis linier berganda, dalam pengujian hipotesis digunakan uji R2 dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif antara social media influencer, pengetahuan investasi, return investasi, dan uang saku terhadap minat investasi. Dengan (nilai t tabel > 1,671) dan secara parsial social media influencer memiliki dampak sangat kuat terhadap minat investasi pada generasi Z di Kabupaten Sidoarjo.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...