Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 8 No 1 (2024): Edisi Januari - April 2024

DETERMINASI PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS YANG LISTING DI BEI

Meggi Huang (Unknown)
Vivian Halim (Unknown)
Arie Pratania Putri (Unknown)
Debbi Chyntia Ovami (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh leverage, likuiditas, TATO dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas pada perusahaan consumer goods yang terdaftar di BEI periode 2019 – 2021. Perusahaan consumer goods yang diteliti berjumlah 35 perusahaan dengan jumlah sampel 105 data. Teknik yang digunakan dalam pemilihan sampel berupa teknik purposive sampling. Penelitian ini memakai bantuan software EVIEWS 12 untuk melakukan pengolahan data. Hasil penelitian ini memperlihatkan leverage memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas. Ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Sedangkan likuiditas dan total asset turnover tidak memiliki pengaruh terhadap profitabilitas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...