Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian pada dampak kualitas sumber daya manusia, pemasaran digital, dan teknologi keuangan terhadap pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Perkembangan usaha kecil di kota Medan pada saat ini terbilang cukup sedikit. Kualitas SDM menjadi perhatian utama dalam perkembangan usaha, dengan adanya SDM yang mumpuni akan membantu meningkatkan kinerja. Digital pemasaran sebagai upaya memasarkan produk melalui sistem digital yang sudah menjadi tren agar semakin mudah dikenali oleh konsumen. Adanya teknologi keuangan akan membantu mempermudah transaksi dari pembeli kepada penjual. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 245 responden. Pengujian data dilakukan dengan Eviews. Penentuan sampel dilakukan dengan purposif sampling dengan penentuan regresi linier berganda. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perkembangan UMKM secara signifikan dipengaruhi oleh kualitas sumber daya manusia, pemasaran digital, dan teknologi finansial.
Copyrights © 2024