Jurnal SOLMA
Vol. 11 No. 2 (2022)

Pendampingan Pemasaran Tape Ketan Pada UMKM Desa Bakunglor Kec Jamblang Menuju Enterpreneur Berbasis Teknologi

Mei Lestari (Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI, Jl. Raya Tengah No. 80, RT.6/RW.1, Kel. Gedong, Kec. Ps. Reb, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13760)
Rayung Wulan (Teknik Industri, Universitas Indraprasta PGRI, Jl. Raya Tengah No. 80, RT.6/RW.1, Kel. Gedong, Kec. Ps. Reb, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13760)
Elfitria Wiratmani (Teknik Industri, Universitas Indraprasta PGRI, Jl. Raya Tengah No. 80, RT.6/RW.1, Kel. Gedong, Kec. Ps. Reb, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13760)
Ridwan Usman (Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI, Jl. Raya Tengah No. 80, RT.6/RW.1, Kel. Gedong, Kec. Ps. Reb, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13760)
Sutrisno Sutrisno (Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI, Jl. Raya Tengah No. 80, RT.6/RW.1, Kel. Gedong, Kec. Ps. Reb, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13760)
Agus Riyanto (Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI, Jl. Raya Tengah No. 80, RT.6/RW.1, Kel. Gedong, Kec. Ps. Reb, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13760)
Ni Wayan Parwati S. (Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI, Jl. Raya Tengah No. 80, RT.6/RW.1, Kel. Gedong, Kec. Ps. Reb, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13760)
Irwan Agus (Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI, Jl. Raya Tengah No. 80, RT.6/RW.1, Kel. Gedong, Kec. Ps. Reb, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13760)
Dwi Nurmita Sari (Teknik Industri, Universitas Indraprasta PGRI, Jl. Raya Tengah No. 80, RT.6/RW.1, Kel. Gedong, Kec. Ps. Reb, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13760)
Sri Sugesma Wardani (Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI, Jl. Raya Tengah No. 80, RT.6/RW.1, Kel. Gedong, Kec. Ps. Reb, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13760)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Background: Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang cukup signifikan bagi pelaku usaha. Kebijakan pembatasan mobilitas dan tempat-tempat wisata berdampak pada turunnya omset penjualan pelaku usaha tape di desa Bakunglor yang masih mengandalkan pemasaran produk secara konvensional. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan masukan dan pelatihan kepada UMKM untuk dapat memanfaatkan jejaring media sosial dan pasar digital yang ada untuk memasarkan produk yang dimiliki. Pemasaran yang luas akan memberikan keuntungan agar produksi yang telah dilakukan dapat terdistribusi dengan baik maka perlu meguasai berbagai macam e-commerce dalam sistem penjualan yang melibatkan teknologi infomasi dan komunikasi Metode: Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa workshop, pelatihan dan pendampingan simulasi iptek terkait bagaimana pemasaran yang tepat sehingga dapat memberikan keuntungan serta perbaikan ekonomi masyarakat sekitar yang bergantung pada kegiatan produksi dan penjualan tape ketan Bakunglor. Tahapan kegiatan meliputi tahapan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil: Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah peningkatan pemahaman dan penguasaan saluran pemasaran ecommerce seperti Tokopedia, shopee, serta media sosial tiktok shop, instagram, facebook Kesimpulan: Peserta dapat meningkatkan fungsi sosial media yang ada untuk menunjang pemasaran produk tape yang mampu memberikan jangkauan pemasaran yang lebih maksimal sehingga tape ketan Bakunglor dapat dinikmati oleh pecinta tape ketan tanpa harus menunggu waktu tertentu untuk menikmatmatinya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...