Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan karakteristik demografi pengguna uang elektronik di DKI Jakarta dan Kota Medan. Penelitian ini menggunakan 214 responden pelaku usaha di DKI Jakarta dan Medan yang telah menggunakan uang elektronik. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen kuesioner dan dilakukan dengan tatap muka langsung. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk memetakan profil pengguna uang elektronik. Profil pelaku usaha di DKI Jakarta dan Medan yang berhasil diwawancarai didominasi oleh pelaku usaha berjenis kelamin laki-laki dengan usia lebih dari 35 tahun, menjalankan usahanya secara offline dan online, dan telah menggunakan uang elektronik selama 1 – 4 tahun. Kemudahan dalam bertransaksi menjadi faktor utama yang menjadi alasan para pelaku usaha menggunakan uang elektronik dalam bertransaksi dengan pelanggan. The aim of this research is to map the demographic characteristics of electronic money users in DKI Jakarta and Medan City. This research used 214 respondents from business actors in DKI Jakarta and Medan who have used electronic money. Data collection was carried out using a questionnaire instrument and was carried out face to face. The collected data was then analyzed using descriptive statistics to map the profile of electronic money users. The profile of business actors in DKI Jakarta and Medan who succeeded interviewed was dominated by male business actors and those aged over 35 years. Business actors run their businesses offline and online. Most business actors have been using electronic money for 1 – 4 years. Ease of transactions is the main factor that driving the business actors to use electronic money in transactions with customers.
Copyrights © 2024