Gotong Royong
Vol. 1 No. 2 (2024)

PELATIHAN PEMBELAJARAN MENULIS POSTER BERBASIS APLIKASI

-, Afrini Rahmi (Unknown)
Satini, Ria (Unknown)
Wahyuni Sari, Asri (Unknown)
Sartika, Rina (Unknown)
Yulisna, Risa (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Pelatihan pembelajaran menulis dengan berbantuan aplikasi menggunakan Partisipation Action Research (PAR). Pengabdian ini bertujuan untuk membuat pembelajaran menulis dapat terintegrasi dengan teknologi sehingga pembelajaran menulis yang masih rendah di tingkat dapat ditingkatkan. Pengabdian ini dilakukan dengan tiga tahapan peaksanaan. Tahap pertama observasi masalah. Tahap kedua pemberian perlakuan pada permasalahan menulis yang terjadi di sekolah dengan menggunakan aplikasi. Tahap terakhir dengan melakukan evaluasi untuk mengukur ketercapain pembelajaran. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis yang biasnya dianggap sulit oleh siswa dapat menjadi pemblajaran yang menarik dengan meanfaatkan aplikasi dalam hal ini Microsoft Publisher yang ada pada setiap program komputer sekolah. Selain itu, pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi informasi ini juga lebih menjalin kedekatan personal antara guru dan siswa serta kontrol kelas yang lebih kondusif karena kelas diatur dengan alat peraga masing-masing anak dalam hal ini komputer sekolah. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gotongroyong

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Control & Systems Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Gotong Royong memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu-ilmu di ranah pengabdian kepada masyarakat. Lingkup ranah pengabdian kepada masyarakat antara lain meliputi : Pelatihan, Pemasaran, Keamanan pangan lokal, Teknologi Tepat Guna (TTG), Desain, Pemberdayaan masyarakat, akses sosial, ...