Pelatihan pembelajaran menulis dengan berbantuan aplikasi menggunakan Partisipation Action Research (PAR). Pengabdian ini bertujuan untuk membuat pembelajaran menulis dapat terintegrasi dengan teknologi sehingga pembelajaran menulis yang masih rendah di tingkat dapat ditingkatkan. Pengabdian ini dilakukan dengan tiga tahapan peaksanaan. Tahap pertama observasi masalah. Tahap kedua pemberian perlakuan pada permasalahan menulis yang terjadi di sekolah dengan menggunakan aplikasi. Tahap terakhir dengan melakukan evaluasi untuk mengukur ketercapain pembelajaran. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis yang biasnya dianggap sulit oleh siswa dapat menjadi pemblajaran yang menarik dengan meanfaatkan aplikasi dalam hal ini Microsoft Publisher yang ada pada setiap program komputer sekolah. Selain itu, pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi informasi ini juga lebih menjalin kedekatan personal antara guru dan siswa serta kontrol kelas yang lebih kondusif karena kelas diatur dengan alat peraga masing-masing anak dalam hal ini komputer sekolah.
Copyrights © 2024