AL-KILMAH
Vol. 1 No. 2 (2022): December 2022. Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Humaniora

Dinamika Perkembangan Kurikulum Bahasa Arab Di Indonesia Ditinjau Secara Historis

Suleman Kadir (IAIN Sultan Amai Gorontalo)
Muh. Arif (IAIN Sultan Amai Gorontalo)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2022

Abstract

Artikel ini bertujuan membahas tentang dinamika perkembangan kurikulum pembelajaran bahasa Arab ditinjau secara historis, serta menggali perjalanan dari kurikulum bahasa Arab itu sendiri. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskripsi dengan sumber data diperoleh dari buku, jurnal, dan artikel online yang sejalan dengan pembahasan yang sedang dijadikan tujuan kajian utama di dalam artikel ini. Temuan menunjukkan bahwa kurikulum pembelajaran bahasa Arab di Indonesia yang berdasarkan data yang dikumpulkan dan dipetakan menjadi beberapa bagian yaitu bahwa kurikulum pembelajaran bahasa arab telah mengalami 5 kali perubahan dari tahun 1984 sampai 2013. Tetapi perubahan tersebut tidak berhenti sampai di situ saja bahkan kurikulum 2013 mengalami isi revisi sampai muncul kurikulum merdeka yang berdasarkan kebijakan terbaru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AL-KILMAH

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

AL-KILMAH Journal; published twice a year since 2022 (June and December), is a multilingual (Bahasa Indonesia, Arabic, and English). This journal is published by Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Department of Arabic Language Education, IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia. Editors welcome ...