Bimbingan karir dalam pemilihan studi lanjut sangat diperlukan  karena merupakan langkah awal dalam pemilihan karir nantinya. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa berpengaruh dalam penggunaan media digital canva pada bimbingan karir dalam meningkatkan pemahaman studi lanjut. Metode dalam penelitian ini menggunakan model One Group Pretest-Posttest Design dan dalam menentukan subyek dilakukan dengan random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket.  Teknik analisis data menggunakan Paired Sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media digital canva pada bimbingan karir dalam meningkatkan pemahaman studi lanjut sangat berpengaruh. Pengaruh tersebut dapat dibuktikan dengan pemahaman siswa dalam menentukan pilihan perencanaan studi lanjut. Data menunjukkan sebelum diberikan bimbingan karir diperoleh 46,03 dan setelah dilakukan bimbingan karir melalui media canva diperoleh data sebesar 77,67. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media digital canva pada bimbingan karir dalam meningkatkan pemahaman studi lanjut berpengaruh bagi siswa Kelas IX  SMP Negeri 1 Semarang Kota Semarang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024