Pada penelitian penjualan produk pakaian ini, terlihat data transaksi penjualan tidak terdata dengan baik. Dengan adanya masalah ini maka kami perlu melakukan analisis untuk mengelompokkan katagori pakaian. Dalam proses pengelompokkan data penjualan berfokus pada penerapan metode K-Means Clustering untuk mengelompokkan transaksi penjualan, dengan tujuan mengidentifikasi pola dan tren pelanggan. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah melakukan segmentasi transaksi penjualan guna memahami perilaku pelangan dengan lebih baik dan membantu pemilik dalam pengambilan keputusan yang lebih efektif. Dalam penelitian ini, menggunakan Metode K-MeansĀ sebagai metode perhitungan secara manual adan dalam implementasinya menggunakan RapidMiner. PenerapanĀ metode K-Means berhasil mengelompokkan transaski penjualan menjadi beberapa cluster. Setiap cluster menujukkan karakteristik yang berbeda seperti frekuensi pembelian, nilai transaksi dan preferensi produk. Clustering transaksi penjualan menggunakan metode K-Means memberikan nilai tambah bagi pemilik dalam memahami perilaku pelanggan, strategi pemasaran dan segmentasi pasar.
Copyrights © 2024