Penelitian ini menginvestigasi pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Informatika di SMKN 1 Sintang. Pendekatan campuran (mixed methods research) dengan desain The Explanatory Sequential digunakan untuk menggabungkan elemen metode kuantitatif dan kualitatif. Populasi terdiri dari siswa kelas X (708 siswa), dengan sampel 195 siswa. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, studi dokumentasi, dan tes Informatika. Hasil menunjukkan rerata literasi digital siswa adalah 75, menunjukkan pemahaman yang baik terhadap teknologi dalam pembelajaran dan penggunaan sarana digital. Skor hasil belajar siswa total 11034, dengan rerata 56.58. Penelitian mengungkapkan hubungan signifikan antara literasi digital dan hasil belajar siswa, didukung uji prasyarat dan regresi. Guru menerapkan literasi digital inovatif, seperti penggunaan Lab Komputer dan teknologi, mendukung keterampilan berpikir kritis siswa. Kesimpulannya, literasi digital berdampak signifikan pada hasil belajar siswa, menghadirkan tantangan kontemporer dalam pendidikan. Dalam kesimpulannya, penerapan literasi digital di SMK Kota Sintang memiliki dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan teknologi. Dengan terus menerapkan dan mengembangkan literasi digital ini, diharapkan siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan di era digital saat ini dan masa depan.
Copyrights © 2024