Jurnal penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara keputusan pembelian, pemahaman ekonomi islam terhadap perilaku konsumtif dikalangan mahasiswa, serta melihat gambaran tingkat belanja mahasiswa yang dipengaruhi oleh perkembangan trend digital. Penelitian ini dilakukan di Pascarjana Ekonomi Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi yaitu mahasiswa ekonomi islam. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 46 mahasiswa ditentukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara simultan kedua variabel independen X1 dan X2 berpengaruh terhadap variabel dependen (Y), dan parsial hanya pemahaman ekonomi islam X2 yang berpengaruh signifikan terhadap variabel perilaku konsumtif. Sedangkan variabel keputusan pembelian (X2) tidak berpengaruh. Besarnya koefisien determinasi (R square) adalah 23,4%. Hal ini berarti kedua variabel independen hanya mampu menjelaskan sebesar 23,4 % variasi dependen. sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024