JEMBA: Journal of Economics, Management, Business, and Accounting
Vol. 2 No. 2 (2024): JEMBA: Journal of Economics, Management, Business, and Accounting

PENGARUH KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN PEMAHAMAN EKONOMI ISLAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MELALUI SITUS BELANJA ONLINE

Nurul Fitriani Fatonah (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan BIsnis Syariah Al Amin Tasikmalaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2024

Abstract

Jurnal penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara keputusan pembelian, pemahaman ekonomi islam terhadap perilaku konsumtif dikalangan mahasiswa, serta melihat gambaran tingkat belanja mahasiswa yang dipengaruhi oleh perkembangan trend digital. Penelitian ini dilakukan di Pascarjana Ekonomi Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi yaitu mahasiswa ekonomi islam. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 46 mahasiswa ditentukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara simultan kedua variabel independen X1 dan X2 berpengaruh terhadap variabel dependen (Y), dan parsial hanya pemahaman ekonomi islam X2 yang berpengaruh signifikan terhadap variabel perilaku konsumtif. Sedangkan variabel keputusan pembelian (X2) tidak berpengaruh. Besarnya koefisien determinasi (R square) adalah 23,4%. Hal ini berarti kedua variabel independen hanya mampu menjelaskan sebesar 23,4 % variasi dependen. sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jemba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JEMBAs goal is to advance and promote innovative thinking in Economics, Management, Business, and Accounting related disciplines. The journal spreads recent research works and activities from academicians and practitioners so that networks and new links can be established among thinkers as well as ...