Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar seni budaya siswa kelas IX-G menggunakan pendekatan joyful learning di SMP Negeri 3 Nganjuk. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian dilakukan dalam dua siklus, diawali dengan menyusun rencana dan jadwal kegiatan, merancang instrumen penelitian dan merancang langkah-langkah pembelajaran yang akan diterapkan selama penelitian berlangsung, kemudian dilakukan pelaksanaan tindakan, diteruskan dengan analisis dan refleksi untuk menentukan tindakan pada siklus berikutnya. Hasil yang didapatkan dari pembelajaran tersebut adalah terjadi peningkatan minat dari pra siklus 72,50% menjadi 82,67% pada pasca siklus dengan kriteria tinggi. Aktivitas belajar juga mengalami peningkatan dari pra siklus 71,76% menjadi 83,58% pada pasca siklus dengan kriteria aktivitas tinggi. Minat dan aktivitas belajar yang meningkat diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa yang awalnya ketuntasan belajar klasikal hanya 62,16% menjadi 78,38% pada pasca siklus. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa penerapan pendekatan joyful learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IX-G di SMP Negeri 3 Nganjuk.
Copyrights © 2019