Dharma Pendidikan
Vol 13 No 2 (2018): Dharma Pendidikan

Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Aktivitas Belajar Mahasiswa Pendidikan Ipa Stkip Pgri Nganjuk Pada Mata Kuliah Ipa Terpadu

Imega Syahlita Dewi (STKIP PGRI Nganjuk)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2021

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan IPA pada mata kuliah IPA Terpadu di STKIP PGRI Nganjuk. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah-langkah penelitian terdiri dari: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi dan 4) Refleksi yang dilakukan sebanyak dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif berdasarkan pada rerata persentase klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pada siklus I dan siklus II, yakni pada siklus I kemampuan berpikir kritis mahasiswa sebesar 52,88 % dan pada siklus II sebesar 71,15 %. Aktivitas belajar mahasiswa dalam penelitian ini meliputi dua indikator yaitu berkomunikasi secara tertulis (membuat resume) dan berkomunikasi secara lisan (diskusi dan presentasi), menunjukkan bahwa berkomunikasi secara tertulis (membuat resume) pada siklus I sebesar 70,07% meningkat menjadi 81,84% pada siklus II, serta hasil peningkatan juga terjadi untuk indikator berkomunikasi secara lisan (diskusi dan presentasi) sebesar 2,61% pada siklus I meningkat menjadi 3,17% pada siklus II, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar mahasiswa. Implikasi hasil penelitian dapat digunakan sebagai acuan, masukan serta saran dalam melaksanakan pembelajaran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jdp

Publisher

Subject

Education

Description

Dharma Pendidikan is a journal contains publications from researches and scientific studies. The publications intended to contribute understanding and developing scientific theories and concepts, education and their application in ...