Dharma Pendidikan
Vol 14 No 1 (2019): Dharma Pendidikan

Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbasis Lesson Study Pada Mata Pelajaran Matematika Peminatan Kelas Xi Mipa 2 SMA N 1 Weru Sukoharjo Tahun Ajaran 2019/2020

Adhitya Eko Cahya Putro (Unknown)
Herry Agus Susanto (STKIP PGRI NGANJUK)
Annisa Prima Exacta (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA 2 SMA N 1 Weru Sukoharjo Tahun Ajaran 2019/2020 melalui pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS)berbasis Lesson Study. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMA N 1 Weru yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis peningkatan keaktifan belajar siswa dan peningkatan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata keaktifan belajar siswa pada pra siklus 50,9%, pada siklus I 64,6%, dan pada siklus II 78,6%. Dalam pra siklus, nilai rata-rata kelas adalah 53,3. Pada siklus I menjadi 62,8 dan 76,8 pada siklus II. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada pra siklus sebanyak 4 siswa (9,67%), pada siklus I menjadi 10 siswa (33,3%) dan pada siklus II menjadi 30 siswa (100%).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jdp

Publisher

Subject

Education

Description

Dharma Pendidikan is a journal contains publications from researches and scientific studies. The publications intended to contribute understanding and developing scientific theories and concepts, education and their application in ...