Dharma Pendidikan
Vol 17 No 2 (2022): Dharma Pendidikan

Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Project Citizen Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas VIII SMP 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022

Wahyuni, Luluk (Unknown)
Suharto, Suharto (Unknown)
Hidayati, Umi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui minat belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kontekstual project citizen pada mata pelajaran PKn Kelas VIII SMP Negeri 1 Rejoso, 2) Untuk mengetahui minat belajar siswa sesudah menggunakan model pembelajaran kontekstual project citizen pada mata pelajaran PKn Kelas VIII SMP Negeri 1 Rejoso, 3) Untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh model pembelajaran kontekstual project citizen terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas VIII SMP 1 Negeri Rejoso. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen yang berbentuk one group pre-test post-tes design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Populasi penelitian yaitu kelas VIII sebanyak 288 siswa, sedangkan sampel yang digunakan peneliti yaitu kelas VIII-B sejumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik t-test. Minat belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kontekstual project citizen mempunyai nilai rata-rata 69,84. Minat belajar siswa sesudah menggunakan model pembelajaran kontekstual project citizen mempunyai nilai rata-rata 86,79. Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 5% untuk Db = 32 nilai ttabel = 1,696 dan thitung = 5,16, maka thitung > ttabel yang bearti H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga “Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual project citizen terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas VIII SMP Negeri 1 Rejoso”.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jdp

Publisher

Subject

Education

Description

Dharma Pendidikan is a journal contains publications from researches and scientific studies. The publications intended to contribute understanding and developing scientific theories and concepts, education and their application in ...