Journal of Science and Education Research
Vol. 3 No. 2 (2024): Journal of Science and Education Research

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Project Based Learning Pada Materi Bagian-bagian Rumah di Kelas 1 SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya

Irodatul Hasanah Hannah (Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)
Desi Eka Pratiwi (Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)
Herlia Nimas Ayu Hastungkoro (Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning, PjBL) terhadap hasil belajar siswa kelas 1 SD Negeri Putat Jaya IV-380. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa. Pada pra-siklus, mayoritas siswa memperoleh nilai di bawah KKM, sementara setelah intervensi pada siklus 1, persentase siswa yang mencapai nilai di atas KKM meningkat menjadi 81,48%, dan pada siklus 2 meningkat lebih lanjut menjadi 92,59%. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa penerapan PjBL tidak hanya meningkatkan hasil belajar siswa tetapi juga mengembangkan kemampuan pemecahan masalah, keterlibatan aktif dalam pembelajaran, dan kolaborasi antar siswa. Hasil penelitian ini sejalan dengan temuan Mariska et al. (2021), yang menunjukkan bahwa PjBL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran berbasis proyek terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa serta kemampuan keterampilan lainnya yang mendukung pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Science and Education Research (JSER) research paper in the field of all Education themes and all kinds of Science, Biological Science, Technology and Innovation, Environmental Studies, Climate Change, Agricultural, Rural Development, Urban Studies, ...