Di Indonesia, sangat penting untuk meningkatkan cara matematika diajarkan guna meningkatkan prestasi akademik siswa. Pendekatan pembelajaran Teams Games Tournament yang inovatif, yang memadukan permainan dan kompetisi, muncul sebagai solusi yang menjanjikan. Sebuah proyek penelitian tindakan kelas dilakukan untuk menilai efektivitas model ini dalam meningkatkan prestasi akademik siswa kelas lima di SDN Dukuh Kupang 1/488 Surabaya. Penelitian ini, mengikuti kerangka kerja Kemmis & Taggart, mencakup tahap perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi yang cermat. Observasi, tes, dan dokumentasi penelitian adalah metode yang digunakan untuk pengumpulan data. Analisis data dilakukan melalui cara deskriptif dan kuantitatif untuk mengevaluasi kemajuan siswa dan implementasi pendekatan Team Games Tournament. Temuan penelitian menunjukkan: 1) Melalui pemanfaatan model Teams Games Tournament, ada peningkatan yang dapat diamati dalam skor kinerja guru antara siklus I dan II; 2) Dibandingkan dengan penilaian pengetahuan yang dilakukan selama siklus I dan II, penelitian ini mengungkapkan peningkatan hasil belajar yang melampaui tujuan mencapai lebih dari 80% efektivitas siswa.
Copyrights © 2024