Jurnal Pengabdian Masyarakat STIE Surakarta (DIMASETA)
Vol 2 No 2 (2023): Desember 2023

Manajemen Pemasaran UMKM di Era Digital Pada UMKM Kabupaten Kuningan, Jawa Barat

Ria Estiana (Politeknik LP3I Jakarta)
Dadang Surya Kencana (Politeknik LP3I Jakarta)
Eko Sugiyanto (Politeknik LP3I Jakarta)
Himawan Pramulanto (Politeknik LP3I Jakarta)
Prihandono (Politeknik LP3I Jakarta)
Featy Octaviany (Politeknik LP3I Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mempengaruhi semua aspek kehidupan termasuk pada UMKM. UMKM era ini telah banyak berkembang dengan baik dengan cara menjalankan bisnis mereka secara online dengan membuka toko online, memasarkan produk melalui aplikasi dan media sosial. UMKM dapat menjangkau target konsumen yang lebih luas dan dengan layanan yang lebih baik serta biaya yang lebih efisien jika menggunakan pemasaran digital. UMKM yang berencana beralih ke pasar digital akan menemui tantangan utama yaitu kurangnya literasi digital, kurangnya pengetahuan e-commerce dan pemasaran digital, serta ketidaksiapan tenaga ahli yang dimiliki. Manajemen pemasaran UMKM di era digital sangat diperlukan karena pemasaran digital mampu menjangkau lebih banyak pelanggan dengan biaya lebih efisien dan komunikasi pemasaran lebih efektif. Media sosial dapat dimanfaatkan UMKM dalam mengelola hubungan dengan pelanggan sehingga aliran informasi menjadi multiarah (interaktif) karena pelanggan dapat membuat, mencari, dan berbagi informasi menggunakan saluran dan perangkat yang berbeda (Marolt et al., 2020). Dalam konteks ini, hubungan dengan pelanggan menjadi lebih menantang untuk dikendalikan dan dikelola (Hennig-Thurau et al., 2015). Media sosial adalah alat pemasaran yang berguna untuk mempertahankan hubungan dengan pelanggan UMKM. Melalui media sosial, UMKM dapat secara aktif terlibat dengan pelanggan dan membangun hubungan yang lebih dalam. Dengan adanya media sosial, suatu bisnis bahkan dapat melibatkan pelanggan dalam proses inovasi produk dan layanan (Sigala, 2012), tak terkecuali UMKM. Dengan penggunaan media sosial, UMKM dapat menjangkau pasar global dengan tenaga dan biaya efisien

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Dms

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta (DIMASETA) merupakan jurnal pengabdian yang diterbitkan oleh STIE Surakarta. DIMASETA bertujuan mengakomodir pengabdian para dosen dan pengabdi untuk diterbitkan, Terbitan pertama pada bulan Juni 2022 di volume 1 nomer 1 engan Nomor ...