Institusi pendidikan saat ini secara aktif menggunakan berbagai media kreatif melalui strategi pemasaran, terutama memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan identitas dan keunggulan, dengan media profil sebagai elemen penting. Pondok Pesantren Modern Terpadu Jabal Nur di Tangerang, menyediakan jenjang pendidikan mulai dari TKQ hingga Ma’had ‘Aly, mengalami penurunan pendaftar calon santri dari 140 pada 2021 menjadi 110 pada 2022. Kendala lainnya adalah kurangnya variasi media promosi, terbatas pada media cetak dan platform online seperti YouTube, Instagram, dan Facebook, yang hanya menampilkan dokumentasi foto dan acara pesantren. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan strategi pemasaran yang lebih informatif, terkini, dan menarik. Metode penelitian mencakup pengumpulan data, analisa SWOT, dan merancang media menggunakan dengan perangkat lunak Adobe After Effect CC 2022, Adobe Premiere Pro CC 2022, dan Adobe Photoshop Pro CC 2022. Diharapkan, melalui profil ini, pondok pesantren dapat lebih efektif dalam menyampaikan informasi dan promosi, memperluas pengenalan di kalangan umum, dan meningkatkan minat serta jumlah pendaftar setiap tahunnya.
Copyrights © 2024