Indonesia Berdaya
Vol 5, No 3 (2024)

Hubungan Komunikasi Interpersonal Tour Leader dengan Kepuasan Jamaah Haji Khusus Ujas Tour Tahun 2024

Erna Dusra (Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Universitas Hasanuddin)
Muhammad Akbar (Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia)
Alem Febri Sonni (Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2024

Abstract

Ada dua cara mengukur kepuasan pelanggan, yang pertama melihat pelayanan yang diinginkan (desired service), yang kedua pelayanan yang dianggap cukup (adequate service). Tour leader sebagai bagian dari pelayanan yang dimiliki oleh travel umrah dan haji khusus sehingga Tour leader memiliki peran dalam memenuhi harapan jamaah dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Tour leader dituntut untuk bisa mengelola kepuasan jamaah haji dengan cara memahami kebutuhan dan harapan, serta memberikan solusi yang memuaskan dan komunikatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis komunikasi interpersonal Tour leader, menganalisis kepuasan jamaah haji khusus Ujas Tour dan hubungan antara komunikasi interpersonal Tour leader dengan kepuasan jamaah haji khusus Ujas Tour. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif, sampel penelitian terdiri dari 42 responden yang dipilih melalui teknik probability sampling yaitu memberikan peluang yang sama kepada seluruh populasi untuk menjadi anggota sampel. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penetrasi Sosial dengan dimensi dalam teori DeVito Komunikasi Interpersonal dan Wilkie Kepuasan Pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara Komunikasi Interpersonal Tour leader dengan Kepuasan jamaah haji khusus Ujas Tour sebesar 0,664 berdasarkan tingkat korelasi dan hasil uji analisis statistic diperoleh nilai p = 0,000 (kurang dari 0,05), dan df = 4 dengan demikian nilai Xhitung 33,097 lebih dari Xtabel 9.488. Hipotesis penelitian H₁ diterima dan H₀ ditolak, ada hubungan yang signifikansi antara komunikasi interpersonal Tour leader dengan kepuasan jamaah haji khusus tahun 2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ib

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Veterinary Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. Indonesia Berdaya particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as ...