Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Vol. 5 No. 3 (2020): Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan

Manajemen Budaya Pendidikan Karakter Keagamaan Di Lembaga Pendidikan

Siti Iskarimah (IAIN Purwokerto)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2020

Abstract

Pendidikan karakter merupakan merupakan proses pemberian tuntunan peserta didik agar menjadimanusia seutuhnya yang berkarakter dalam dimensi hati, pikir, raga, serta rasa dan karsa. Peserta didikdiharapkan memiliki karakter yang baik, meliputi kejujuran, tanggung jawab, bersih, cerdas dan sehat,peduli dan kreatif. Budaya pendidikan karakter keagamaan memiliki makna keseluruhan sistem berpikir,nilai, moral, norma, dan keyakinan (belief) dalam rangka proses pemberian tuntunan peserta didik agarmenjadi manusia seutuhnya yang berkarakter keagamaan dalam dimensi hati, pikir, raga, serta rasa dankarsa. Adapun manajemen budaya pendidikan karakter di lembaga pendidikan dilaksanakan mealuiperencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan meliputi leading, directing dan controlling,dan evaluasi. Sementara itu, prinsip yang digunakan dalam manajemen pendidikan karakter di lembagapendidikan adalah berkelanjutan, melalui semua mata pelajaran, pengembangan diri dan budaya satuanpendidikan, nilai tidak diajarkan tapi dikembangkan melalui proses belajar, serta proses pendidikandilakukan peserta didik secara aktif dan menyenangkan. Dalam membangun budaya pendidikan karakterdilakukan melalui Keterlibatan Semua Warga Sekolah dalam Pembelajaran yang Berkarakter danKeterlibatan semua warga sekolah dalam perawatan, pemanfaatan, pemeliharaan sarana dan prasaranaserta lingkungan sekolah. Kata kunci: Manajemen, Pendidikan Karakter, Lembaga Pendidikan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

elhamra

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal El-Hamra: Kependidikan dan Kemasyarakatan berfokus pada penerbitan artikel ilmiah yang berkualitas tinggi dan orisinal dalam bidang pendidikan dan kemasyarakatan meliputi: Kurikulum dan penilaian, Teknologi pendidikan, Kepemimpinan pendidikan, Kebijakan pendidikan, Pendidikan inklusif, ...