Jurnal El-Hamra : Kependidikan dan Kemasyarakatan
Vol. 7 No. 3 (2022): Jurnal el-hamra: Kependidikan dan Kemasyarakatan

KONSEP FILSAFAT POSITIVISME PERSPEKTIF AUGUSTE COMTE

Zidan Abid Maulana (UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2022

Abstract

Jurnal ini membahas konsep filsafat positivisme yang digagas oleh Auguste Comte, seorang filsuf Prancis abad ke-19 yang dianggap sebagai bapak pendiri aliran positivisme. Secara umum, jurnal ini bertujuan untuk mengkaji pemikiran Auguste Comte tentang positivisme serta pengaruhnya terhadap perkembangan epistemologi dan ilmu pengetahuan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research). Penulis menggunakan berbagai sumber pustaka yang relevan untuk mendalami pemikiran Auguste Comte seputar positivisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inti positivisme versi Comte terletak pada penerapan metode ilmiah dan data empiris sebagai landasan ilmu pengetahuan. Comte juga merumuskan hukum tiga tahap untuk menggambarkan perkembangan pemikiran manusia dari kerangka teologis, metafisis, hingga positif. Selain itu, Comte membagi ilmu pengetahuan ke dalam enam tingkatan berdasarkan kompleksitas objek kajiannya. Kesimpulannya, gagasan Auguste Comte tentang positivisme dan metode ilmiah ternyata memberi pengaruh besar dalam kemajuan berbagai disiplin ilmu, terutama sosiologi dan sains alam. Meski menuai kritik, fondasinya atas data empiris dan verifikasi ilmiah masih relevan hingga saat ini sebagai basis pengetahuan ilmiah kontemporer. Kata kunci: Konsep, Filsafat, Positivisme, Auguste Comte

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elhamra

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal El-Hamra: Kependidikan dan Kemasyarakatan berfokus pada penerbitan artikel ilmiah yang berkualitas tinggi dan orisinal dalam bidang pendidikan dan kemasyarakatan meliputi: Kurikulum dan penilaian, Teknologi pendidikan, Kepemimpinan pendidikan, Kebijakan pendidikan, Pendidikan inklusif, ...