Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis anak Kelompok B1 TK Kumara Eka Santhi melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning. Dalam penelitian tipe Penelitian Tindakan Kelas (PTK), 21 anak dari Kelompok B1 TK Kumara Eka Santhi menjadi subjek penelitian. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir logis anak-anak Kelompok B1 TK Kumara Eka Santhi selama penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Pada awal observasi, tingkat ketuntasan kemampuan berpikir logis hanya mencapai 19,05%. Namun, setelah Siklus I, tingkat ketuntasan meningkat menjadi 66,67%, dan pada Siklus II, mencapai 85,71%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis anak-anak Kelompok B1 TK Kumara Eka Santhi.
Copyrights © 2023