Rendahnya kreativitas dan hasil belajar siswa yang disebabkan Proses pembelajaran yang belum efektif, kurangnya pemahaman siswa terhadap meteri pembelajaran, serta guru yang kurang inovatif dalam menerapkan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pastry and bakery dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pretest-Posttes Design. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI JB 2 di SMK Wira Harapan yang berjumlah 37 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner, tes, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor rata-rata pretest dan posttest kreativitas belajar siswa adalah 83,57 dan 99,43, sedangkan skor rata-rata pretest dan posttest hasil belajar siswa adalah 78,07 dan 91,82. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan dimana hasil perhitungan diperoleh kreativitas belajar memiliki nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05 dan hasil belajar memiliki nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pada kreativitas dan hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran pastry and bakery. Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai perbandingan dalam peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran lain yang diajarkan di SMK Wira Harapan.
Copyrights © 2023