Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar pada siswa XII PH 1 SMK Prshanti Nilayam dalam mata pelajaran housekeeping dengan tutor sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengambilan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik penentuan sampel dilakukan dengan total sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan tutor sebaya dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rerata motivasi belajar siswa 66% sedangkan pada siklus II menjadi 86%. Dengan demikian terjadi peningkatan motivasi siswa sebesar 20%. Hasil belajar pada siklus I rerata ketuntasan belajar sebesar 70%, sedangkan pada siklus II 76%, terjadi peningkatan sebesar 6%. Pada Ketuntasan Klasikal siklus I mencapai persentase rerata 46% sedangkan pada siklus II mendapat skor 100%, terjadi peningkatan sebesar 54%. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar housekeeping siswa kelas XII PH 1 SMK Prshanti Nilayam dapat ditingkatkan dengan tutor sebaya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024