Tujuan Penelitian ini adalah: Untuk mengetahui perbedaan minat dan kedesiplinan belajar melalui penerapan model pembelajaran Project Basef Learning pada mata pelajaran Front Office pada siswa kelas Xl perhotelan di SMK Pariwisata Dalung. Jenis penelitian ini adalah penelitian experimen dengan disain one grup pretest-posttest dengan teknik analisis data deskritif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan minat dan kedesiplinan melalui penerapan model Project Basef Learning pada mata pelajaran Front office di kelas XI Perhotelan di SMK Pariwisata Dalung. Hasil uji normalitas pretest dan posttest kedisiplinan memiliki nilai signifikansi yaitu 0.078 > 0.05 dan 0.074 > 0.05 jadi data tersebut berdistribusi normal. Pretest dan posttest minat memiliki nilai signifikansi yaitu 0.586 > 0.05 dan 0.052 > 0.05 jadi data tersebut berdistribusi normal. Hasil Uji T berpasangan (Paired Sample T-Test) yang membandingkan pretest dan posttest kedisiplinan menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 dengan demikian Ho ditolak; Ha diterima. Hasil Uji T berpasangan (Paired Sample T-Test) yang membandingkan pretest dan posttest minat belajar menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 dengan demikian Ho ditolak; Ha diterima.
Copyrights © 2024