Anak usia dini mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Salah satu kemampuan yang berkembang saat usia dini adalah kemampuan kognitif. Kemampuan kognitif dilakukan untuk mengembangkan kemampuan berbagai konsep dan pengetahuan termasuk matematika. Kemampuan kognitif dapat distimulasi melalui kegiatan bermain salah satunya permainan tradisional congklak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui permainan tradisional congklak pada Kelompok B TK Tunas Mekar II. Subjek penelitian adalah anak Kelompok B TK Tunas Mekar II yang berjumlah 19 anak. Penelitian ini merupakan penelitiian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi berupa pengamatan, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif dan analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan ketuntasan yang terjadi pada kondisi awal sebesar 15,79% (3 anak), Siklus I meningkat menjadi 57,89% (11 anak), dan pada Siklus II meningkat lagi menjadi 89,47% (17 anak). Permainan tradisional congklak sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini pada Kelompok B TK Tunas Mekar II.
Copyrights © 2024