Fenomena penerapan metode pembelajaran hybrid saat ini banyak dibahas dalam dunia pendidikan jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Metode pembelajaran hybrid dapat menjadi solusi sekaligus tantangan tersendiri terutama bagi peserta didik khususnya mahasiswa semester akhir yang sedang menyusun skripsi di tengah berlangsungnya upaya pemerintah mencegah penularan COVID-19. Penelitian kuantitatif ini disusun dengan tujuan mengetahui hubungan self-regulated learning dengan kecemasan akademik pada mahasiswa semester akhir yang mengikuti pembelajaran hybrid. Penelitian ini melibatkan subjek sebanyak 151 mahasiswa semester akhir fakultas psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang memprogram skripsi pada semester Genap 2021/2022. Teknik sampel yang digunakan penelitian ini adalah probalitity sampling yaitu teknik simple random sampling. Hasil penelitian menggunakan uji Product Moment Correlation menunjukkan adanya korelasi negatif yang sangat signifikan, sehingga hipotesis penelitian ini diterima.
Copyrights © 2023