BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 3 No. 2 (2023)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP COLLABORATION SKILL SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI: LITERATURE REVIEW

Wika Wiria (Universitas Negeri Padang)
Heffi Alberida (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Penggunaan model pembelajaran berbasis problem solving dengan keterampilan kolaborasi merupakan kombinasi yang dapat melindungi siswa dalam proses pembelajaran. Namun tidak hanya itu, pemecahan masalah juga banyak digunakan di kalangan organisasi dan kelompok. Pemecahan Masalah adalah model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik untuk memecahkan masalah selama proses pembelajaran yang tujuannya adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam mencapai suatu tujuan dan melatih mereka untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah dan mencari solusi. Sedangkan Collaboration Skill adalah kemampuan seseorang untuk beradaptasi dengan kelompok atau organisasi, tujuannya adalah untuk mengungkapkan ide, membuat strategi dalam rangka mengembangkan pengetahuan. Biasanya keterampilan kerjasama digunakan guru untuk menunjang proses pembelajaran agar siswa tidak bosan saat mengikuti kegiatan pembelajaran. Dengan demikian untuk dapat mengetahui hasil pengaruh model pembelajaran problem solving dengan keterampilan kolaborasi dapat dilakukan dengan membandingkan 21 artikel yang relevan sebagai data pendukung. Referensi yang digunakan berasal dari database Eric dan Google Schooler dari 32 artikel penelitian. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pemecahan masalah dengan keterampilan kolaborasi dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa dalam pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...