BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 1 (2024)

IMPLEMENTASI MODEL POGIL DALAM PEMBELAJARAN SAINS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP

Fatimatuz Zahro (Universitas Negeri Surabaya)
An Nuril Maulida Fauziah (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik salah satu SMP Negeri di Surabaya setelah diterapkannya model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) pada materi pemanasan global. Jenis penlitian ini menggunakan pre-experimental design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian ini adalah kelas VII-H SMP sebanyak 31 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan literasi sains peserta didik. Analisis data terdiri dari analisis ketuntasan peserta didik pada pretest dan posttest dan analisis peningkatan kemampuan literasi sains pesreta didik melalui uji N-Gain. Hasil peneltiian ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam semua aspek literasi sains setelah intervensi POGIL. Skor N-Gain paling tinggi pada indikator menjelaskan fenomena secara ilmiah dengan skor diperoleh sebesar 0,89.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...