BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 1 (2024)

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL GUIDED INQUIRY PADA MATERI TEKANAN

Anggraini, Shintia Devi (Unknown)
Purnomo, Aris Rudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII-A MTsN 2 Kota Surabaya melalui penerapan model guided inquiry pada materi tekanan, sub-materi tekanan zat cair. Aspek keterampilan berpikir kritis yang digunakan terdiri dari lima aspek milik Ennis (1996). Jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes keterampilan berpikir kritis berbentuk pilihan ganda dan esai yang terintegrasi aspek keterampilan berpikir kritis. Data dianalisis menggunakan analisis N-Gain dengan hasil berupa skor N-Gain tiap siswa dan tiap aspek keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor N-Gain siswa sebesar 0,72 dengan kategori tinggi dan peningkatan tertinggi pada aspek keterampilan berpikir kritis ialah aspek inference (N-Gain = 0,84). Berdasarkan hasil data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model guided inquiry dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dan efektif diimplementasikan pada materi tekanan zat cair.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...