Penelitian ini dilakukan karena adanya kebutuhan lembaga pendidikan untuk menciptakan proses pembelajaran yang inovatif, yang dapat mendorong keterlibatan siswa dalam belajar. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah metode debat, yang memiliki potensi untuk meningkatkan partisipasi siswa dan melibatkan mereka secara aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana pembelajaran fiqih dilakukan di MA Al-Asy'ari Keras Diwek Jombang, serta melihat dampak dari implementasi metode debat terhadap keterlibatan siswa dalam mata pelajaran fiqih di lembaga tersebut. Dalam penelitian ini, dua pertanyaan penelitian diajukan: 1) Bagaimana pembelajaran fiqih di MA Al-Asy’ari Keras Diwek Jombang dilakukan? 2) Bagaimana implementasi metode debat dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran fiqih di MA Al-Asy’ari Keras Diwek Jombang? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskrptif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumntasi, serta dianalisis dengan mengacu pada metode pengumpulan data, redksi data, penyajian data, dan verifikasi data yang diusulkan oleh Sugiono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran fiqih di MA Al-Asy'ari Keras Diwek Jombang, digunakan RPP dan metode yang sejalan dengan niat belajar serta kompetensi guru fiqih di lembaga tersebut. Implementasi metode debat dilakukan melalui tahapan perencanaan, pembagian kelmpok, presentasi materi, dialog, berbagi ide dan pandangan, serta evaluasi. Keterlibatan siswa terlihat dalam berbagai aktivitas seperti membaca, mendengar, mencatat, dan mengemukakan pendapat tanpa hambatan. Metode debat terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa. Oleh karna itu, penting bagi lembga pendidikan untk mendukung program pembelajaran kreatif yang melibatkan siswa secara aktif dan partisipatif.
Copyrights © 2023