Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi image repair atau perbaikan citra yang dilakukan Tokopedia pada kasus pencurian data informasi pengguna Tokopedia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teori Image Repair atau perbaikan citra. Teknik untuk mengecek keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber data. Data penelitian mengacu pada 3 (tiga) rilis pers yang dipublikasikan melalui kanal pusat informasi media Tokopedia dan Kominfo serta hasil wawancara dengan ahli komunikasi Dr. Prasetya Yoga Santoso, M.M. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan strategi image repair untuk kategori denial sub kategori simple denial sangat dominan pada rilis pers pertama. Pada rilis pers kedua mulai digunakan strategi image repair untuk kategori reducing offensiveness sub kategori bolstering dan minimization dan juga kategori evading sub kategori good intention, namun kategori denial sub kategori simple denial masih tetap digunakan. Pada rilis pers ketiga Tokopedia secara konsisten menggunakan kategori corrective action sub kategori preventif dan juga menggunakan sub kategori corrective action.
Copyrights © 2023